Sabtu, 05 November 2016

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Silakan Anda buka program Microsoft Office Word yang sudah terinstall di komputer atau laptop Anda. Dalam praktik ini saya menggunakan Microsoft Office Word 2007. Namun dalam kenyataannya Microsoft Office Word versi berapapun langkah-langkahnya masih sama.
Sebelum dimulai tutorialnya sebaiknya Ruler yang ada dalam Microsoft Office Word Anda harus diaktifkan. Caranya klik pilih menu View lalu Anda centang atau aktifkan Ruler.
Setelah mengaktifkan Ruler, kini saatnya untuk memulai tutorial ini. Anda blok tulisan yang ada dalam halaman daftar isi yang nantinya akan diberi titik-titik dan nomor halaman.
Setelah melakukan blok tulisan sekarang Anda klik pilih menu Home dan Paragraph.
Disini Anda hanya cukup memilih tombol Tabs…

Pada langkah ini yang merupakan inti dari tutorial membuat daftar isi otomatis. Silakan Anda pahami sampai benar-benar paham pada langkah berikut :
  1. Anda harus menentukan Tab stop position. Artinya batas akhir titik-titik yang akan kita tentukan dalam daftar isi nanti. Biasanya batas akhir titik-titik ini dikurangi 1 cm dari keseluruhan ukuran Ruler. Jika keseluruhan ukuran Ruler 14 cm maka batas akhir Tab 13 cm;
  2. Pada Alignment Anda klik pilih Left. Karena titik-titik pada daftar isi nanti mulainya dari sebelah kiri;
  3. Langkah ketiga Anda tentukan Leader atau jenis efek daftar isi untuk menunjukkan nomor halaman. Umumnya menggunakan titik-titik;
  4. Jika semua pengaturan sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, maka sekarang Anda klik pilih Set.
Pada langkah ini masih sama prosesnya seperti langkah diatas. Disini Anda harus menentukan Tab stop position untuk nomor halaman. Saya contohkan ukuran keseluruhan Ruler adalah 14 cm, maka disini saya menentukan Tab stop position 14 cm saja. Artinya nanti semua nomor halaman akan terbentuk pada garis margin sebelah kanan. Kemudian pada Alignment Anda pilih Right untuk memberikan efek kursor dari sebelah kanan. Pada Leader Anda klik pilih None dan terakhir klik pilih Set.
Jika kedua pengaturan untuk membuat batas Tabs telah Anda lakukan dengan sempurna, silakan sekarang Anda klik pilih OK.

Tekan Spasi pada lalu tekan juga Tab pada keyboard. Maka jika semua langkah yang telah Anda lakukan benar, setelah kita menekan Tab pada keyboard nanti otomatis akan tampil titik-titik dan berakhir pada batas Ruler 13 cm. Kemudian untuk membuat nomor halamannya, Anda tekan Tab satu kali lagi maka kursor oromatis akan berada pada posisi tab 14 cm. Ketik secara manual nomor halamannya sesuai dengan halaman yang Anda maksud.
Lakukan cara ini pada tulisan-tulisan lainnya sampai selesai. Anda hanya cukup bermain dengan Tab keyboard maka efeknya secara otomatis titik-titik akan tampil.

Download cara lengkap dengan gambar di file pdf : Download
Source : Klik.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About Me

Putri

Konsep Teknologi Informasi