Selasa, 08 November 2016

Control Processing Unit (CPU)

Proses Proses atau pemprosesan komputer dilakukan diperangkat yang disebut CPU atau Central Processing Unit. Pada CPU terdapat beberapa perangkat yang disatukan dan membangun sebuah sistem yang dijadikan pusat pengolahan. CPU bisa disebut otak atau pengatur suatu sistem komputer karena kemampuannya mengelola dan memproses data yang masuk melalui perangkat masukkan dan dikeluarkan melalui perangkat pengeluaran sehingga menghasilkan informasi.



Didalam sebuah CPU terdapat tiga unsur penting. Tiga unsur penting tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Control Unit Control Unit berfungsi untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah kerja sama antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing. Di samping itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Fungsi lainnya yaitu memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahu informasi kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan.
  2. Arithmatic Logic Unit  Arithmatic logic unit atau disingkat ALU adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer. Bagian ini mempunyai tugas utama untuk membentuk berbagai fungsi pengolahan data komputer. Sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasa mesin.  ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu arithmetic unit (unit aritmatika) yang bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan dan boolean logic unit (unit logika boolean) yang bertugas menangani berbagai operasi logika. 
  3. Registers  Register berfungsi sebagai media penyimpanan internal CPU yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi pada saat komputer sedang mengolah data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan ada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer masih hidup. Ketika suatu data tidak diperlukan maka data tersebut tidak berada di dalam registers dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang berada di dalam register akan hilang. Register merupakan perangkat penyimpanan yang bekerja dengan kecepatan tinggi. Primary storage bersifat menyimpanan data sementara, yang menyimpan 3 hal yaitu: 
  • Informasi yang sedang dikerjakan 
  • Aplikasi software yang sedang digunakan 
  • Operasi sistem software

Didalam CPU juga terdapar perangkat-perangkat sebagai pemroses pada komputer, yaitu:
  • Casing adalah sebuah perangkat pembungkus untuk melindungi perangkat-perangkat CPU.
  • Power Supply Power supply adalah alat untuk meyediakan arus listrik pada komponen motherboard yang berisi perangkat-perangkat keras pemrosesan. Power supply berfungsi mengkonversi listrik dan menyediakan listrik tetap untuk digunakan komputer.
  • Motherboard  Motherboard adalah papan utama yang menampung perangkatperangkat CPU. Perangkat CPU dipasang dan dijadikan satu di motherboard sesuai dengan tempat dan jenis perangkat. 
  • Processor Processor adalah perangkat keras komputer yang melaksanakan perintah dan instruksi dari perangkat lunak untuk melakukan pengolahan data oleh komputer. Processor berupa sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi pada computer dan merupakan otak dari komputer, karena setiap pengolahan data dilakukan pada processor. 
  • Memori Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah maupun datadata.  Memori terbagi menjadi dua macam, contohnya yaitu memori primer yaitu RAM (Random Access Memory) dan memori sekunder contohnya yaitu harddisk, disket, dan sebagainya. 
  • VGA Card VGA ( Virtual Graphic Adapter) Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor. Selain itu VGA card juga digunakan untuk melakukan konversi data agar dapat dilihat pada layar monitor.  
  • Input/output Card Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran.  
  • Sound Card Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara  pada komputer atau  berguna untuk mengkonversi data suara.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About Me

Putri

Konsep Teknologi Informasi