Jumat, 04 November 2016

Tipe Data, Variabel, dan Operasi Perhitungan


Tipe Data 
Pembuatan  sebuah  program dimaksudkan  untuk  mengolah  data  masukan. Setiap data yang akan diolah di dalam bahasa C dan bahasa C++ harus jelas tipe dat anya.  Tipe data  pad a  bahasa ma cam, yaitu: 1.  Tipe data karakter 2.  Tipe data bilangan bulat 3.  Tipe data bilangan pecahan. C  dan  C+ +  secara umum  ter bagi  menj adi  tiga  Apabila masih dirasa kurang, seorang programmer dapat mendeklarasikan tipe data baru  dengan menggunakan  perintah  struct. Untuk  perintah  struct  akan  dijelaskan pada bab berikutnya. Yang harus diperhatikan dalam memilih data adalah jangkauan nilainya  karena  apabila salah  dalam  memilih  tipe  data  maka perhitungan  yang dilakukan menjadi tidak benar. Ukuran memori yang  diperlukan  untuk  masing-masing tipe  data sangat bergantung  pada  perangkat  keras dan  perangkat  lunak  C/C++ yaqng  digunakan. Karena itu jangkauan bilangan dari masing-masing tipe data juga bisa berlainan.  
Tipe Data Karakter 
Tipe  data  ini  digunakan  untuk  merepresentasikan  data-data  yang berupa karakter.  Tipe data  ini dinyatakan  dengan tipe  char.  Tipe  data  ini  mempunyai jangkauan dari 0 sampai 255  atau kaakter ASCII ke  0 sampai karakter ASCII  255. Tipe  data  ini bisa  ditampilkan  dengan  suatu karakter atau  suatu bilangan. Tetapi apabila  ingin diisi  dengan  angka maka  angka  tersebut  harus  diberi  tanda kutip. Dalam bahasa C, tipe data karakter mempunyai format %c, maksudnya apabila ingin memanggil  tipe  data  karakter  di dalam  fungsi  printf harus  mencantumkan  %c. apabila  dipanggil  dengan  format  %i  maka  yang  tampil adalah  karakter  ASCII  dari data tersebut.
Tipe Data Bilangan Bulat 
Tipe data ini digunakan untuk data-data angka yang tidak mengandung angka di  belakang  koma.  Sebagai  contoh  23,  5,  6,  dan  1986.
Tipe Data Bilangan Pecahan 
Tipe data ini adalah tipe yang digunakan untu merepresentasikan data-data  bilangan  yang  mengandung  angka  di  belakang  koma.  Sebagai  contoh 56.86,  2810.86, dan sebagainya.
Tipe Data String 
Dalam  pemrograman  C,  tidak  ada  perintah  khusus  untuk  menampung  data yang bertipe string. String akan dianggap sebagai kumpulan karakter yang diakhiri dengan  karakter kosong.  Oleh  sebab  itu  string  sering  disebut  juga  sebagai  sebuah array karakter atau sebuah pointer ke sebuah variabel char.  Cara pendeklarasiannya adalah char nama[50];  cara   yang   pertama   ini   kita   memesan   tempat   sebanyak   ukuran   yang  dideklarasikan (dalam  kasus  ini  sebanyak  50  byte).  Tapi  kita  hanya  bisa  mengisi  variabel  nama  sebanyak  49  karakter.  Hal  ini  dikarenakan  tempat terakhir  yaitu  byte  ke  50  akan  diisi  dengan  karakter  kosong  (null  atau  \0).
Variabel 
Variabel sangat berbeda dengan konstanta. Perbedaannya terletak pada nilai. Variabel mempunyai nilai yang dinamis. Arti kata dinamis di sini bahwa nilai variabel tersebut  dapat  diubah  sesuai  kebutuhan  dalam  program.
Variabel Global 
Variabel  global  dapat  dikenali  oleh  semua  lingkungan  dalam  program  yang dibuat. Sebagai contoh ada tiga fungsi yang terdapat di dalam program maka ketiga fungsi tersebut dapat mengenali variabel global tanpa harus mendeklarasikan ulang di dalam fungsi masing-masing.  Variabel global dideklarasikan di luar seluruh fungsi yang ada. Apabila fungsi yang ada hanya fungsi main() maka pendeklarasian variabel harus di luar dari fungsi main().
Variabel Lokal 
Varianel lokal hanya dikenali di dalam fungsi yang mendeklarasikannya saja. Artinya tidak dikenal oleh lingkungan luar dari fungsi tersebut.
Variabel Statis 
Variabel  statis  adalah  variabel  yang  menempati  ruang  memori  komputer secara permanen, artinya nilai terakhir dari variabel ini akan terus disimpan sampai eksekusi  program selesai.  Berbeda  dengan variabel biasa  yang datanya akan  tidak akan dipertahankan.
Operator-Operator Perhitungan 
Setelah  mempelajari  tipe  data  dan  variabel  maka  variabel-variabel  tersebut nantinya  akan  dikenai  operasi  perhitungan.  Untuk  melakukan  operasi  perhitungan diperlukan   adanya   operator-operator   perhitungan.
Source : Powerpoint materi Algoritma dan Struktur Data (Dosen : T.Bayu Sasongko, S.Kom., M.Eng)
Download file PDF : Download
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

About Me

Putri

Konsep Teknologi Informasi